BERBAGAI CARA BERKATA TIDAK KEPADA ANAK

BERBAGAI CARA BERKATA TIDAK KEPADA ANAK - Hallo sahabat DUNIA TUMBUH KEMBANG ANAK, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul BERBAGAI CARA BERKATA TIDAK KEPADA ANAK, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : BERBAGAI CARA BERKATA TIDAK KEPADA ANAK
link : BERBAGAI CARA BERKATA TIDAK KEPADA ANAK

Baca juga


BERBAGAI CARA BERKATA TIDAK KEPADA ANAK

Dear Bunda,
Bunda, seperti yang kita tahu bahwa anak-anak sering mempunyai banyak keinginan yang diungkapkan kepada bundanya. Namun, tidak semua keinginan si kecil harus dipenuhi bun, karena anak-anak belum bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan mereka. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatakan “tidak” kepada permintaan si kecil:

1. Mengambil alih kendali
Sebelum mengambil alih kendali, para orang tua harus berhenti menuruti setiap keinginan mereka, atau mengacuhkan anak setiap kali ia bertingkah. Inilah tahap pertama cara berkata tidak pada anak Anda.
2. Berhenti sebentar dan tarik nafas dalam-dalam
Sebelum Anda siap menerima dampak dari berkata "Tidak" pada anak, berdiamlah diri dulu sejenak. Pikirkan tentang bagaimana sikap Anda dan padanan dari kata "Tidak" tersebut.
Apakah Anda akan menutup mata terhadap tindakan buruk anak, atau tetap akan berkata "Tidak", apapun reaksi yang akan dilakukan anak?
3. Alternatif yang kreatif
Cara berkata "Tidak" yang berikutnya membutuhkan kreativitas Anda dalam berbahasa. Cobalah mengganti kata "Tidak" dengan kata "Kotor" saat anak hendak menyentuh binatang yang tampak dekil, atau kata "bahaya" saat anak berlarian di tepi jalan raya.
4. Menyeimbangkan hal negatif
Saat Anda bilang "Tidak" pada anak, bisa saja ia berpikir Anda tidak menyukai kehadirannya sebagai anak, dan bukannya apa yang ia lakukan. Netralkan suasana hatinya dengan mengatakan, "Ibu sayang kamu, tapi Ibu tidak suka kamu berbuat begitu."
5. Memasang raut muka 'seram'
Mungkin inilah cara berkata "Tidak" yang paling mudah dan bisa Anda praktekkan saat Anda merasa bosan berulang kali berkata "Tidak" pada anak.
Sorot mata tajam, tanpa senyum, bibir monyong dan kening berkerut sudah cukup untuk membuat anak mengerti ia berbuat salah.
6. Menghargai keinginannya
Hindari sekonyong-konyong berkata "Tidak", katakan Anda tahu apa yang ia mau, lalu katakan sesuatu seperti, "Mama tahu kamu kepingin makan cokelat, tapi gigimu bisa sakit."
7. Mencatat keinginannya
Anak Anda sering bilang, "Aku mau itu!" dan menangis sampai berguling-guling di lantai saat Anda bilang tidak. Catat saja semua keinginannya di buku notes atau smartphone Anda, dan tunjukkan padanya tiap kali ia menginginkan benda yang sama. Anak akan sadar bahwa ia sebenarnya sudah punya barang yang ia inginkan itu.
8. Berikan alasan
Cara berkata "Tidak" yang berikut juga membutuhkan kelihaian Anda dalam berargumentasi dengan bahasa sederhana. Jelaskan pada anak mengapa ia tidak boleh nakal. Misalnya, "Adek tidak boleh ikut bicara kalo Mama sedang ngomong dengan Nenek, soalnya Mama jadi bingung nanti mau ngomong sama Adek atau sama Nenek."
Metode ini juga dapat menumbuhkan kebiasaan anak untuk berpikir tentang sebab dan akibat. Dan mungkin Anda harus bersiap jika di saat anak besar nanti, ia akan selalu bilang, "Kenapa?" setiap kali Anda melarangnya melakukan sesuatu.
Sumber: theasianparent.com
LIKE & SHARE yaa Bunda grin emoticon



Demikianlah Artikel BERBAGAI CARA BERKATA TIDAK KEPADA ANAK

Sekianlah artikel BERBAGAI CARA BERKATA TIDAK KEPADA ANAK kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel BERBAGAI CARA BERKATA TIDAK KEPADA ANAK dengan alamat link https://vitabumins.blogspot.com/2015/10/berbagai-cara-berkata-tidak-kepada-anak.html