Judul : SILABUS DASAR TAUHID IPA
link : SILABUS DASAR TAUHID IPA
SILABUS DASAR TAUHID IPA
SILABUS DASAR TAUHID IPA
KELAS 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
DASAR
TAUHID
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.
Mengenal anggota tubuh dan
kegunaannya, serta cara perawatannya
|
1.1
Mengenal bagian-bagian tubuh
dan kegunaannya serta perawatannya
|
Allah menciptakan manusia.Allah menjadikan bagi manusia anggota tubuh dan menjelaskan
kegunaannya, serta menjelaskan bahwa manusia harus mempertanggungjawabkan
anggota tubuh yang telah diberikanNya tersebut.
a.
QS.
Al-Balad, 8 (Mata)
b.
QS. al-A’raf,
179 (Telinga, mata dan hati)
c.
QS.
An-Nuur, 31 (Menutup aurat dan menjaga pandangan)
d.
QS an-Nuur,
24 (Pada hari kiamat mata, telingan akan menjadi saksi)
|
1.2
Mengidentifikasi kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan
sehat)
|
Allah menciptakan
manusia untuk beribadah, maka Allah memberi sarana agar manusia dapat
menjalankan ibadah yaitu tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat membutuhkan
makanan, air, pakaian, udara dan lingkungan sehat
a.
QS. Thaha,
81 (makanan dan adab terhadapnya)
b.
QS.
Al-Furqan, 48-49 (air)
c.
QS.
Al-A’raf, 26 (pakaian)
|
|
1.3
Membiasakan hidup sehat
|
Allah menyayangi
manusia maka Allah memberi tuntunan agar tubuhnya tetap sehat. Tuntunan yang
paling baik adalah perikehidupan Rasulullah saw. Tuntunan hidup sehat menurut
Rasulullah saw:
a.
Shahih
at-arghib wat-Tarhib jilid 4, Adab makan, tidak berlebihan (....sepertiga
untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk nafasnya.....)
b.
Shahih
at-arghib wat-Tarhib jilid 4 “Makan dan minumlah, bersedekahlah dan
berpakaianlah selagi tidak dicemari oleh sikap berlebihan atau sombong”
|
|
2. Mengenal cara memelihara lingkungan
agar tetap sehat
|
2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar
tetap sehat
|
Islam adalah agama yang
membawa rahmat bagi alam, maka setiap muslim hendaknya mampu merawat alam dan
lingkungannya. Lingkungan yang sehat juga dapat menciptakan suasana beribadah
yang baik bagi setiap muslim.
QS. Al-Baqarah 205, larangan merusak
tanaman.
|
2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan
lingkungan tidak sehat
|
|
|
2.3 Menceritakan perlunya merawat
tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar
|
QS. Al-An’aam: 143-144 (Allah menciptakan
hewan ternak delapan pasang)
QS. An-Nahl: 5-7 (manfaat hewan ternak)
Allah menceritakan kisah Yusuf as dalam
QS. Yusuf, 47, agar menjadi pelajaran bagaimana menghadapi masa kesulitan
bahan makanan dengan mengelola tanaman dan hewan ternak.
|
|
Benda dan Sifatnya
3. Mengenal berbagai sifat benda dan
kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
|
3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di
lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
|
Memikirkan ayat-ayat kauniyah Allah yang
berupa alam semesta ini adalah salah satu cara mengimaniNya. Salah satunya
adalah sifat-sifat benda yang dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.
Padat, cair dan gas, masing-masing memiliki ciri yang berbeda.
|
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah
bentuknya
|
……………………………………..(materi dari buku
panduan..???)
Puisi: Allah turunkan hujan, dari
gumpalan awan, yang berarak menuju tempat yang dikehendakiNya……………………..
Perubahan gas (uap air) menjadi butiran
air hujan QS. 30:48
|
|
3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda di
lingkungan sekitar
|
……………………………………….( materi dari buku
panduan???)
Kegunaan air
hujan untuk menumbuhkan tanaman-tanaman (QS. 16:11)
|
|
Energi dan Perubahannya
4. Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Membedakan gerak benda yang mudah
bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan
|
Diantara ayat-ayat kauniyah Allah selain
benda yang kasat mata, Allah juga menciptakan energi yang tidak kasat mata,
tapi kita dapat merasakan keberadaannya. Energi ini juga dapat berubah dari
satu bentuk ke bentuk lainnya. Perubahan bentuk energi ini sangat bermanfaat
dalam kehidupan manusia.
Energy gerak adalah salah satu bentuknya.
Gerak terjadi karena adanya perubahan
tempat suatu benda dibandingkan dengan suatu benda yang lain.
(Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu
adalah seperti seribu tahun menurut
perhitunganmu QS. Al-Hajj,
47…………………………. Akan dipelajari pada tingkat berikutnya tentang teori
relativitas)
|
4.2 Mengidentifikasi penyebab benda
bergerak (batere,per/pegas, dorongan tangan dan magnet)
|
Allah menjadikan segala sesuatu menurut
ukuran (kadar). Benda dapat bergerak juga mengikuti sunnatullah yaitu ada
penyebabnya.
|
|
Bumi dan Alam Semesta
5. Mengenal berbagai benda langit dan
peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
|
5.1 Mengenal berbagai benda langit
melalui pengamatan
|
Bukti kebesaran Allah dalam ayat-ayat
kauniyahNya adalah bumi dan alam semesta.
Bumi sesudah itu dihamparkanNya. QS.
An-Naazi’aat, 30. ( dalam kamus bahasa Arab, “dahaahaa” Ia menjadikan bumi
seperti telor, sesuai dengan bukti teoritis bahwa bumi bulat. Surat
ar-Rahman, 17 menunjukkan bahwa bumi bulat. (“Tuhan yang memelihara……………… “
seandainya bola bumi datar, maka mesti hanya ada satu tempat terbit dan satu
tempat terbenam)
Tentang benda-benda langit yang lain:
QS. Yaasiin: 38-40, QS. Yunus: 5, QS.
Nuh: 16, QS. An-Naba’: 13-15, QS. Al-Isra’ 78
|
5.2 Mengenal keadaan cuaca di sekitar
kita
|
Allah menjadikan peristiwa alam dan
gejala alam (cuaca dan musim) agar manusia dapat mengmbil manfaat darinya,
dan sebagiannya menjadi ujian dan peringatan bagi manusia.
QS. An-Nuur: 43 (proses terjadinya petir
dan kilat)
QS. Ar-Ra’d: 13 (halilintar menimpa
orang-orang yang dikehendaki Allah)
QS. Al-Fushshilat: 13 (Kaum ‘Aad dan
Tsamud ditimpa petir)
|
|
5.3 Membedakan pengaruh musim kemarau
dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
|
Alam yang menakjubkan dengan luas yang
mengagumkan ini serta bumi yang kita hidup dihamparannya beredar berdasar
aturan yang seimbang. Jika terjadi perusakan terhadapnya maka keseimbangannya
akan hilang, musibah akan terjadi menimpa manusia.
|
KELAS 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
DASAR
TAUHID
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.
Mengenal bagian-bagian utama
tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai
tempat hidup makhluk hidup
|
1.1
Mengenal bagian-bagian utama
hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
|
Jenis hewan yang sangat banyak kita temui
di sekitar kita adalah serangga. Allah menjadikan dari serangga tersebut
pelajaran yang banyak bagi manusia.
QS. An-Naml, 18 (semut)
QS. Al-Ankabuut: 41 ( laba-laba)
QS. Al-Hajj: 73 (lalat)
QS. An-Nahl : 68 (Lebah)
QS. Al-Baqarah: 26 (nyamuk)
|
1.2
Mengidentifikasi perubahan
yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan
( dari biji menjadi
tanaman)
|
Allah memperlihatkan kekuasaanNya dalam
pengecambahan tumbuhan. Dimulai dari biji kering yang mati tidak terlihat
adanya gerakan kehidupan kemudian membelah dan hidup ketika ditanam dalam
tanah serta diairi. Kemudian mengeluarkan akar yang menghunjam ke dalam tanah
yang dengannya dia mendapatkan saripati tanah untuk bertambah besar.
QS. Al-An’aam: 95.
|
|
1.3
Mengidentifikasi berbagai
tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
|
Allah menjadikan di bumi tempat
tinggal bagi hewan (habitat): air dan darat. Begitu pula dengan jenis
tumbuhan ada yang hidup di air dan di darat.
QS. Al-An’aam: 38
QS. Al-Maaidah: 96 (Allah menjadikan
binatang laut)
|
|
1.4
Mengidentifikasi makhluk
hidup yang menguntungkan dan membahayakan
|
Di antara makhluk hidup yang
Allah ciptakan ada yang menguntungkan dan membahayakan bagi manusia, hal
tersebut tidak lain agar menjadi pelajaran dan untuk menguji manusia.
Contoh tumbuhan yang
menguntungkan adalah pohon kurma dan pohon kelapa. Segala bagian dari pohon
kelapa memiliki manfaat bagi manusia. Pohon ini diibaratkan oleh Rasulullah
saw seperti sifat seorang mukmin, seluruh bagian dari pribadi seorang mukmin
member manfaat bagi alam. Tutur katanya, tindakannya, senyumnya, langkahnya
dstnya.
Contoh yang menguntungkan
adalah lebah (QS. An-Nahl: 69). Dari perutnya keluar minuman madu yang
menjadi obat bagi manusia.
Contoh yang merugikan adalah
lalat (QS. Al-Hajj: 73). Tubuh lalat tersusun dari bulu-bulu halus yang
sangat rapat, sehingga setiap benda yang dihinggapinya dapat menempel di
tubuhnya. Pada bagian sayap dan kaki lalat jumlah bulu-bulu halus ini
beberapa kali lipat lebih banyak. Kaki lalat berbeda dengan serangga lain,
menyerupai terompah berbulu halus. Dengan bentuk kaki seperti ini lalat dapat
hinggap di permukaan sangat licin sekalipun, tidak heran ketika hinggap kaki
lalat dapat merekati apapun termasuk kuman-kuman. Keunikan lain terdapat pada
mulut lalat yang memiliki sebuah belalai yang ujungnya bercabang. Ujung
belalai ini terbuat drai daging lunak yang berfungsi seperti gigi. Lalat
tidak akan memangsa makanannya kecuali setelah dia larut dalam cairan yang
diekstraksinya, cairan yang keluar dari belalainya mengandung jutaan mikroba
dan kuman.
|
|
Benda dan Sifatnya
2.Mengenal berbagai bentuk benda dan
kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
|
2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri benda
padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
|
Allah telah menciptakan segala
sesuatu menurut kadar (qadar)nya, termasuk dalam hal ini adalah sifat segala
macam benda (air mengalir ke tempat yang lebih rendah, api panas, udara
mengisi raung kosong dll).
QS. Al-Qamar: 49, Allah
menciptakan segala sesuatu menurut kadarnya.
QS. Al-Kahfi : 41, salah satu
sifat air. Air tanah yang merembes melalui kulit bumi dengan media pori-pori
(pores) bebatuan dan karang. Apabila tekanan terhadapnya bertambah, maka air
akan keluar secara menyembur di sela-sela bebatuan tersebut dan menjadi
sungai atau mata air.
|
2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan
wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu
|
QS. Ar-Ra’d: 17, ayat ini menjelaskan
bahwa besi pada kondisi cair saat dipanaskan dapat dibentuk menjadi
bermacam-macam peralatan manusia, namun dalam keadaan padat tidak dapat
dirubah bentuknya.
|
|
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang
dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
|
|
|
Energi dan Perubahannya
3.
Mengenal berbagai sumber energi yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
|
3.1
Mengidentifikasi
sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di
lingkungan sekitar
|
Allah menjadikan segala sesuatu,
termasuk energy, di alam ini agar manusia dapat memenuhi hajat (kebutuhan)
hidupnya. Energi dibutuhkan oleh manusia dalam berbagai bentuknya. Ada yang
berupa cahaya, bunyi, panas dan listrik.
QS. Yunus: 5 (Dialah yang
menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya).
|
3.2
Mengidentifikasi jenis energi
yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
|
Manusia membutuhkan energy di sepanjang
hidupnya, sementara energy adalah benda yang tidak kekal (pada saatnya akan
habis atau punah) karena itu manusia harus dapat mengatur dan mengelolanya
agar dapat terus digunakan.
QS. Al-Baqarah : 60
|
|
Bumi dan Alam Semesta
4.
Memahami peristiwa alam dan
pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Mengidentifikasi kenampakan
matahari pada pagi, siang dan sore hari
|
Bumi dan alam semesta ini adalah
ayat-ayat Kauniyah sebagai bukti Kebesaran Allah yang dapat kita saksikan,
kita pikirkan, kita renungkan. Sedang ayat-ayat Qauliyah adalah yang tertulis
dalam al-Quran. Dengan memikirkan keduanya kita akan bertambah yakin akan
KebesaranNya.
QS. Asy-Syams: 1-4
|
4.2
Mendeskripsikan kegunaan
panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
Matahari member manfaat yang sangat besar
bagi kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Panas yang dihasilkan oleh
matahri secara langsung ataupun yang sudah diubah menjadi energy dalam bentuk
yang lain dapat membantu manusia memenuhi keperluannya.
QS. Al-An’aam: 78, (…..dan (menjadikan)
matahari dan bulan untuk perhitungan….)
QS. Al-Anbiyaa’: 7, (…..atau aku membawa
kepadamu suluh api supaya kamu dapat berdiang (menghangatkan badan)……)
|
KELAS 3
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
DASAR
TAUHID
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
|
|
1.2
Menggolongkan makhluk hidup
secara sederhana
|
|
|
1.3
Mendeskripsikan perubahan
yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, dan olah raga)
|
|
|
2.
Memahami kondisi lingkungan
yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
2.1
Membedakan cirri-ciri
lingkungan sehat dan tidak sehat berdasarkan pengamatan
|
|
2.2
Mendeskripsikan kondisi
lingkungan yang bepengaruh terhadap kesehatan
|
|
|
2.3
Menjelaskan cara menjaga
kesehatan lingkungan sekitar
|
|
|
Benda dan Sifatnya
3.
Memahami sifat-sifat,
perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
Mengidentifikasi sifat-sifat
benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
|
|
3.2
Mendeskripsikan perubahan
sifat benda ( ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat
dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka
|
|
|
3.3
Menjelaskan kegunaan benda
plastik, kayu, kaca dan kertas
|
|
|
Energi dan Perubahannya
4.
Memahami berbagai cara gerak
benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi
|
4.1
Menyimpulkan hasil pengamatan
bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
|
4.2
Mendeskrpsikan hasil
pengamatan tentang pengaruh energi
panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
4.3
Mengidentifikasi sumber
energi dan kegunaannya
|
|
|
5.
Menerapkan konsep energi
gerak
|
5.1
Membuat kincir angin untuk
menunjukkan bentuk energy angin dapat diubah menjadi energi gerak
|
|
5.2
Menerapkan cara menghemat
energi dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
Bumi dan Alam Semesta
6.
Memahami kenampakan permukaan
bumi,cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara
manusia memelihara dan melestarikan alam
|
6.1
Mendeskripsikan kenampakan
permukaan bumi di lingkungan sekitar
|
|
6.2
Menjelaskan hubungan antara
keadaan awan dan cuaca
|
|
|
6.3
Mendeskripsikan pengaruh
cuaca bagi kegiatan manusia
|
|
|
6.4
Mengidentifikasi cara manusia
dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
|
KELAS 4
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.
Memahami hubungan antara
struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
|
1.1Mendeskripsikan hubungan antara struktur
kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
|
Allah menciptakan manusia dalam bentuk
yang sempurna. Tubuh manusia disusun oleh kerangka dan dilengkapi dengan
organ-organ yang memiliki fungsi
masing-masing yang memungkinkan manusia menjalankan tugasnya di dunia sebagai
hamba yang mengabdi kepada Allah dan sebagai khalifah yang mengatur bumi. Pemberian
Allah ini, yaitu tubuh manusia akan dimintai pertanggung-jawaban oleh Allah,
bagaimana manusia memeliharanya dan menggunakannya.
QS. Al-Qiyamah: 3-4, “Apakah manusia
mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan kembali tulang-belulangnya? …………….”
|
1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan
kerangka tubuh
|
Setiap muslim mestinya menyadari bahwa
kesehatan yang perlu diperhatikan tidak hanya fisik tetapi justru yang lebih
utama adalah sehat mental (jiwa). Jika jiwa sehat maka fisik akan sehat. Dan
shalat bagi seorang muslim akan memberi pengaruh kesehatan lahir dan batin
baik secara individu maupun kehidupan masyarakat. Bahkan selain shalat,
seluruh amalan yang diwajibkan Allah bagi seorang muslim dan juga yang disunnahkan
jika diteliti maka akan ditemukan hikmahnya adalah memberi dampak positif
bagi kesehatan organ-organ tubuh manusia.
QS. An-Nisaa’: 103. “Sesungguhnya shalat
itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”
QS. Al-Baqarah: 184, “…….
|
|
1.3
Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
|
Seorang ilmuan anatomi terbesar dunia,
Nagasat Nagamish, telah masuk Islam ketika dia sedang berbicara mengenai
saraf dan keberadaannya langsung di bawah kulit (saraf sensorik). Sehingga,
jika kulit terbakar, maka hilanglah fungsi indera perasa. Lalu seorang muslim
menyampaikan padanya tentang firman Allah Ta’aala, “Setiap kali kulit mereka
hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka
merasakan azab.”
Lalu dia bertanya, “Apakah perkataan ini
telah disebutkan sejak 14 abad yang lalu?” Si muslim menjawab, “Ya." Dia
berkata, “Sesungguhnya kenyataan ilmiah ini belum diketahui ilmu pengetahuan
kecuali baru-baru ini. Tidak mungkin yang mengatakannya adalah manusia, tapi
itu adalah dari Allah. Sungguh sudah tiba saatnya bagi saya untuk bersaksi
bahwa tiada Tuhan selain Allahdan
sesungguhnya Muhammad itu adalah utusan Allah.”
|
|
1.4.
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera
|
QS. Al-Anfaal: 11, “Allah menurunkan
padamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu, dan
menhilangkan dari kamu gangguan-gangguan setan.”
Islam mensyariatkan wudhu’ ternyata
menyimpan hikmah yang sangat besar bagi kesehatan. Wudhu’ sebagai sarana
mensucikan fisik bermakna sebagai pemeliharaan kesehatan secara preventif
(pencegahan). Pembersihan pada organ-organ tubuh tertentu pada saat wudhu’
menghindari mewabahnya penyakit kulit. Berikut faedah wudhu bagi kesehatan:
-
Muka , telapak tangan dan kaki
adalah beberapa di antara organ tubuh yang memiliki daya sensitivitas yang
tinggi bila terkontaminasi kuman-kuman dan virus.Wudhu dapat mencegah
penyakit kanker pada kulit.
-
Pancaran sinar matahari,
lebih-lebih pantulan sinar ultraviolet memiliki pengaruh yang sangat efektif
dalam menciptakan kanker kulit, namun sinar tersebut hanya akan menimpa organ kulit luar saja.
Dengan berulangkali berwudhu kulit terjamin selalu basah, sehingga sel-sel
lapisan dalam kulit bisa terlindungi dari sengatan sinar yang membahayakan.
-
Selain itu, disunnahkannya
istinsyaq dan istintsar saat berwudhu ternyata dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa membersihkan hidung 5 kali sehari dalam wudhu bias menjaga
kenyamanan rongga-rongga hidung dari penyakit infeksi peradangan.
|
|
2.
Memahami hubungan antara
struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
|
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur
akar tumbuhan dengan fungsinya
|
Mempelajari struktur dan fungsi bagian
tumbuhan bertujuan untuk mengetahui kemanfaatan tumbuhan bagi manusia serta
menjadi tanda-tanda kebesaran Allah bagi manusia di muka bumi.
Allah memberi perumpamaan tentang akar
dalam al-Quran,yang menunjukkan isyarat bahwa salah satu fungsi akar bagi
tumbuhan adalah menguatkan pokok tumbuhan, QS Ibrahim: 24. Jenis akar
tumbuhan bermacam-macam, semakin kuat akar tumbuhan menancap di dalam tanah
semakin baik pohon tersebut.
|
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur
batang tumbuhan dengan fungsinya
|
Fungsi batang bagi tumbuhan
|
|
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur
daun tumbuhan dengan fungsinya
|
|
|
2.4. Menjelaskan hubungan antara bunga
dengan fungsinya
|
|
|
3.
Menggolongkan hewan,
berdasarkan jenis makanannya
|
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan
|
Allah menjadikan segala yang ada di bumi
untuk manusia, termasuk keseimbanganalam
di muka bumi, agar manusia dapat tinggal di bumi dan berkembang sesuai dengan
kehendakNya hingga waktu yang ditentukan (QS. Al-Baqarah: 29). Tugas manusia
dalam hal ini adalah memakmurkan bumi dengan cara menjaga keseimbangannya.
Keseimbangan adalah sesuatu yang sangat
penting agar makhluk hidup di bumi tidak punah. Salah satu cara Allah
menjadikan keseimbangan itu adalah dengan menciptakan rantai makanan pada
makhluk hidup (hewan dan tumbuhan), yaitu makhluk yang satu memakan atau
dimakan makhluk yang lain, hal ini untuk menjaga kuantitas (jumlah) makhluk
hidup tertentu di bumi. Karenanya jika
|
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis
makanannya
|
|
|
4.
Memahami daur hidup beragam
jenis makhluk hidup
|
4.1.Mendeskripsikan
daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk,
kupu-kupu, dan kucing
|
Islam mengajarkan pada umatnya kepedulian
terhadap lingkungan sekitar, karena pada hakikatnya seorang muslim harus
menjadi rahmat bagi seluruh alam terutama rahmat bagi sekitarnya. Dengan
demikian seorang muslim dapat memberi manfaat pada lingkungan.
Pengetahuan terhadap kehidupan (daur
hidup) beberapa jenis hewan yang hidup di lingkungan sekitar, memungkinkan
kita dapat mengenal apakah hewan tersebut berbahaya atau bermanfaat bagi
manusia.
-QS. Al-Baqarah: 26, Allah menyebut
nyamuk dalam al-Quran dan bagaimana sikap orang-orang kafir terhadap
penciptaan nyamuk. Mereka beranggapan nyamuk hanyalah binatang kecil yang
remeh. Padahal bagi orang beriman tidak
ada ciptaan Allah yang remeh dan sia-sia.
|
4.2
Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, dan
ikan
|
QS. An-Nahl:
5-7 (Dalam ayat tersebut Allah menyebut binatang ternak, namun selain
binatang ternak manusia juga dapat memelihara binatang unggas atau binatang
peliharaan yang dapat diambil manfaatnya, misalnya keindahannya contohnya
ikan hias).
|
|
5.
Memahami hubungan sesama
makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
|
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis
hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk
hidup (rantai makanan)
|
|
5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk
hidup dengan lingkungannya
|
QS. Al-Jaatsiyah: 4, “Pada kejadian kamu
dan binatang-binatang yang bertebaran terdapat pula beberapa ayat kekuasaan
Allah bagi kaum yang berhati yakin.” Para pakar dan ahli bedah hewan telah
banyak mengungkapkan hasil penelitian mereka tentang system dan pola
kehidupan social yang ada dalam kerajaan animalia. Hal ini memperkuat
anggapan bahwa ternyata kelompok-kelompok hewan merupakan komunitas yang
menyerupai kelompok manusia. Mereka mengalami masa damai dan konflik,
berusaha mencari makan, merawat bayi, menggunakan siasat menghadapi kesulitan
dan ancaman dengan insting dan karakter yang Allah karuniakan sesuai dengan
potensi tubuh dan lingkungannya.
|
|
Benda dan Sifatnya
6.
Memahami beragam sifat dan
perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan
sifatnya
|
6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat,
cair dan gas memiliki sifat tertentu
|
Allah telah menentukan kadar setiap benda
beserta sifat-sifatnya (QS. Al-Qamar: 49, “Sesungguhnya Kami menciptakan
segala sesuatumenurut ukuran”.) Salah satu sifat udara yang diungkap al-Quran
adalah bahwa semakin jauh dari permukaan bumi kepadatan udara semakin
berkurang (“…..niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit seolah-olah
ia sedang mendaki ke langit”. QS. Al-An’aam: 125).
|
6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan
wujud cair à padat à cair, cair à gas à cair, padat à gas
|
Pada proses terjadinya hujan kita
mendapati perubahan wujud benda yaitu air yang ada di permukaan laut atau
bumi akan menguap ke atas menjadi gas atau uap air kemudian turun menjadi
butiran hujan (QS. At_Thaariq: 11-12).
|
|
6.3
Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya
|
Sifat-sifat yang dimiliki benda misalnya benda
padat yang dapat larut dalam benda cair dan gas atau sifatnya yang tidak
tembus oleh air atau yang dapat menyerap air, semuanya ini sangat berguna
bagi manusia dalam membuat alat-alat keperluan hidupnya (QS. Ar-Ra’d: 17)
|
|
Energi dan perubahannnya
7.
Memahami gaya dapat mengubah
gerak dan / atau bentuk suatu benda
|
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya
(dorongan atau tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
|
Gaya gravitasi yang dijadikan Allah di
bumi memungkinkan benda-benda bergerak terhadap benda yang lain. Perhatikan
bagaimana bumi menarik setiap benda yang ada di permukaannya. Karena itu
manusia dapat berjalan di permukaan bumi dan tidak melayang.
|
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa
|
Gaya gravitasi juga telah menjadikan bumi
diliputi oleh oksigen yang sangat bermanfaat bagi manusia, juga telah
menjadikan air terdapat di permukaan bumi. Bagaimana hal tersebut terjadi?
Bergeraknya (tarik-menarik) dua unsur yang bergabung menjadi satu pada suhu
dan tekanan tertentu dapat membentuk suatu senyawa yang baru misalnya,
hydrogen (H) dan oksigen (O) akan menjadi air (H2O).
|
|
8.
Memahami berbagai bentuk
energy dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi
yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
|
Manusia sangat membutuhkan energy panas.
Salah satu sifat energy panas adalah dapat meleburkan benda pada titik
leburnya, dan hal ini sangat berguna dalam kehidupan manusia.Allah mengisyaratkan
dalam al-Quran surat ar-Ra’d: 17, “Dariapa (logam)yang mereka lebur dalam api
untuk membuat perhiasan dan alat-alat, ……..”
|
8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif
dan cara penggunaannya .
|
Salah satu mukjizat al-Quran ketika
menyebut matahari dengan satu istilah ‘siraajan wahhaaja’ (pelita yang amat
terang…QS. Nuh: 16). Penelitian ilmiah menyatakan bahwa di dasar matahari
terdapat tungku atom yang berasal dari hydrogen sebagai bahan bakar. Ketika
partikel-partikel hydrogen bertemu dengan tungku atom maka terjadilah reaksi
cepat dan timbullah nucleus (inti) berisi proton dan netron yang keduanya
dikenal dengan Helium. Seandainya tidak ada zat ini tentu matahari tidak akan
bersinar dan menjadi pudar. Dan al-Quran mengungkapnya sejak 14 abad yang
lalu.
Memahami bahwa energi sebagai sesuatu
yang tidak kekal , akan habis, maka manusia semestinya berusaha melakukan
penghematan. Selain menghemat, cara lain adalah berusaha mencari sumber
energy baru (alternative).
QS. Az-Zukhruf: 33, “………………………tentulah
Kami buatkan bagi orang-orang yang kafir kepada Tuhan yang Maha Pemurah
loteng-loteng perak bagi rumah mereka dan juga tangga-tangga (perak) yang
mereka menaikinya.” (karena kemampuannya menghantarkan panas perak digunakan
untuk menyimpan tenaga surya (matahari). Cermin-cermin perak diletakkan di
atap gedung-gedung dan ditutup dengan
lapisan kaca tipis untuk memantulkan sinar matahari.
|
|
8.3 Membuat suatu karya/ model untuk
menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari
kertas/ baling-baling/ pesawat kertas/ parasut
|
Bagi seorang muslim, ilmu haruslah
berimplikasi terhadap amal, artinya ilmu yang dimilikinya harus memberi manfaat
baik bagi dirinya maupun lingkungannya bahkan bagi umat manusia. Para ilmuan
muslim yang lurus baik pada masa awal Islam hingga sekarang tergerak untuk
meneliti, melakukan eksperimen dan membuat karya agar dapat memberi manfaat
bagi umat manusia.
Seorang peneliti muslim bernama Warsito
Purwo Taruno asal Indonesia, baru-baru ini melalui riset-riset yang
dilakukannya berhasil menemukan alat terapi kanker.
|
|
8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi
melalui penggunaan alat musik
|
Di antara ilmu tentang energi yang
penting dipelajari adalah energy bunyi. Bunyi, baik yang berasal dari alam maupun
dari bendabuatan semuanya dapat dimanfaatkan sebagai sarana mendekatkan diri
kepada Allah. Dan sebaik-baik bunyi yang dikeluarkan oleh manusia adalah
lantunan ayat-ayat al-Quran.
Tentang alat musik, Nabi saw bersabda
“Sungguh akan ada sekelompok orang dari umatku yang menghalalkan perzinaan,
sutra (untuk laki-laki ) minuman kerasdan alat musik” (shahih, Bukhari dalam
Fathul Bari no. 5590)
Tentang syair ada dua jenis:
Syair yang diperbolehkan adalah yang
berisi pujian terhadap Islam, kaum muslimin, membela kebenaran dan membela
orag-orang yang memegang kebenaran.
Syair yang tidak diperbolehkan adalah
yang berisi pujian atau celaan kepada orang lain dengan cara yang tidak
benar, kesaksian palsu dan fitnah.
|
|
Bumi dan Alam Semesta
9.
Memahami perubahan kenampakan
permukaan bumi dan benda langit
|
9.1
Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
|
AlQuran menyatakan bentuk bumi bulat dan
bukan datar, pengertian ini dapat dipahami dari surat Ar-Rahman, 17 “Tuhan
yangmemelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua
tempat terbenamnya”. Seandainya bumi datar maka hanya ada satu tempat terbit
dan terbenamnya. Hal ini juga mengisyaratkan verputarnya bumi akan berakibat
terjadinya pergantian siang dan malam berlangsung dengan sempurna.
|
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan
kenampakan bumi dari hari ke hari
|
QS. Yaasiin: 39-40, “Dan telah Kami
tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah sehingga (setelah ia sampai pada
manzilah yang terakhir) kembalilah ia seperti bentuk tandan yang tua. Tidak
mungkin matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului
siang, dan masing-masing beredar pada garis edarnya”.Peredaran bumi
mengelilingi matahari dan bulan mengelilingi bumi telah melahirkan waktu.
Jadi waktu adalah produk gerakan bumi.
|
|
10.
Memahami perubahan lingkungan
fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
|
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab
perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahayamatahari, dan gelombang air
laut)
|
Maha suci Allah yang telah menunjukkan
tanda-tanda kebesaranNya di bumi (ayat-ayat kauniyyah). Di antara tanda-tanda
tersebut adalah menunjukkan perubahan lingkungan secara yang disebabkan oleh fenomena
alam seperti angina, hujan dll. Al-Quran menyebut nama jenis angin.
Masing-masing angin ini memiliki ciri dan akibat yang ditimbulkannya. Di
antaranya QS. Al-A’raaf: 57 dan QS. Al-Hijr: 22.
Al-Quran juga menyebutkan proses
terjadinya hujan dalam QS. An-Nuur: 43, “Tidakkah kamu melihat bahwa Allah
mengarak awan ……..”
|
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan
lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
|
Sesungguhnya Allah telah menjadikan
keseimbangan di alam, namun ketika manusia melakukan eksploitasi terhadap
alam maka keseimbangan tersebut akan hilang, saat itulah alam akan mengalami
kerusakan.
QS. Ar-Ruum: 41,”Telah tampak kerusakan
di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia,……………”
Kerusakan tanahpertanian adalah salah
satu akibat dari pemakaian pupuk kimia secara berlebihan. Bahaya pemakaian
pupuk kimia berlebihan adalah tertutupnya lahan pertanian denagn lapisan
tidak berpori yang menyebabkan terhambatnya air irigasi atau air hujan.
Bahaya lain yang mengancam adalah rusaknya
kehidupan flora maupun fauna di alam serta kerusakan fisik di lautan.
|
|
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan
kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
|
Sesungguhnya syariat Islam adalah sebuah
aturan yang membawa pada keselamatan dan kesejahteraan bagi seluruh umat
manusia dan seluruh alam ini. Menyalahi aturan ini akan mengakibatkan
kerusakan dan ketidak seimbangan di alam. Baik aturan yang mengatur urusan
manusia dengan Rabb, urusan manusia dengan manusia maupun urusan manusia
dengan alam yang ditempatinya. Maka solusi terbaik untuk menghindari
kerusakan alam adalah tidak melanggar hokum alam yang telah ditetapkan sang
Pencipta alam semesta ini.
|
|
11.
Memahami hubungan antara
sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber
daya alam dengan lingkungan
|
Allah menundukkan alam ini (tumbuhan,
hewan, bahtera di lautan dan sebagainya) untuk kebutuhan hidup manusia. QS. Al-Hajj:
65, “….bahwasanya Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan bahtera
yang berlayar di lautan dengan perintahNya.”Semua itu adalah bentuk kasih
sayang Allah kepada manusia yang seharusnya disyukuri. Bukti syukur manusia
adalah menjadikan semua itu sebagai sarana untuk beribadah kepadaNya.
Berbagai sumber daya alam yang tersedia
seperti tumbuhan, hewan dan sumber daya alam tak hidup berupa barang tambang
dan minyak bumi, semuanya harus dipergunakan sesuai aturan yang telah
ditetapkan Allah pemilik alam semesta.
|
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber
daya alam dengan teknologi yang digunakan
|
Allah mengaruniakan akal kepada manusia
untuk mengelola alam ini, namun harus tidak boleh melanggar rambu-rambu
aturan yang telah digariskan Allah (yaitu syariat Islam), jika hal ini
dilanggar maka pasti akan terjadi ketidak seimbangan (kerusakan) di muka
bumi. Karena itulah Allah mewariskan bumi ini kepada orang-orang shalih di
antara orang-orang beriman untuk memakmurkannya. QS. Al-Anbiyaa’: 105,
“….bahwasanya bumi ini diwarisi (dipusakai) oleh hambaKu yang shalih.
Seorang hamba yang shalih ketika menjadi
pemimpin maka akan menerapkan aturan Allah dan tidak memberi kesempatan bagi
berkembangnya teknologi yang membuat kerusakan di muka bumi.
|
|
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan
alam terhadap pelestarian lingkungan
|
Islam mengatur
|
KELAS 5
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
DASAR
TAUHID
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
|
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ per-napasan manusia
|
Allah meciptakan manusia dalam bentuk
yang sempurna. Perangkat-perangkat tubuh manusia memungkinkannya untuk
melakukan tugas-tugas penghambaan (sebagai abdi Allah/abdullah) dan tugas-tugas pengelolaan di bumi (sebagai khalifah
Allah/ khalifatullah).
|
1.2 Mengidentifikasi fungsi pernapasan hewan misalnya ikan dan
cacing tanah
|
|
|
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan
hubungannya dengan makanan dan kesehatan
|
|
|
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
|
|
|
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia
|
|
|
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat
makanan
|
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk
membuat makanan
- air → diperoleh melalui akar
- karbon dioksida → masuk
dari udara melalui stomata dan lentisel
- cahaya matahari → diserap oleh klorofil
proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi
karbohidrat
hasil fotosintesis berupa
-
Karbohidrat
-
oksigen
H2O + CO2
--------------- O2 +
|
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada
tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
|
|
|
3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan
tertentu untuk memper-tahankan hidup
|
|
3.2 Mengidentifikan penyesuaian diri tumbuhan
dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
|
|
|
Benda dan Sifatnya
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan
penyusunannya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses
|
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat
bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang kain, dan kertas
|
|
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang
perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap
|
|
|
Energi dan Perubahannya
5. Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
|
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara
gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya
magnet)
|
|
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang
dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat
|
|
|
6. Menerapkan
sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/ model
|
6.1.
Mendeksipsikan sifat-sifat cahaya
|
|
6.2 Membuat suatu karya/ model, misalnya
periskop atau lensa dari bahan sederhana
dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
|
|
|
Bumi dan Alam Semesta
7. Memahami
perubahan yang terjadi di dalam bumi dan hubungannya dengan penggunaan sumber
daya alam
|
7.1 Mendeskripsikan proses
pembentukan tanah karena pelapukan
|
|
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
|
|
7.3 Mendeskripsikan struktur bumi
|
|
|
7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan
kegiatan manusia dapat mempengaruhi- nya
|
|
|
7.5 Mendeskripsikan perlunya
penghematan air
|
|
|
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di
|
|
|
7.7.
Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi
(pertanian, perkotaan, dan sebagainya)
|
|
KELAS 6
Demikianlah Artikel SILABUS DASAR TAUHID IPA
Sekianlah artikel SILABUS DASAR TAUHID IPA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel SILABUS DASAR TAUHID IPA dengan alamat link http://vitabumins.blogspot.com/2019/03/silabus-dasar-tauhid-ipa.html