Mencoba Model Pembelajaran yang Menyenangkan

Mencoba Model Pembelajaran yang Menyenangkan - Hallo sahabat DUNIA TUMBUH KEMBANG ANAK, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mencoba Model Pembelajaran yang Menyenangkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mencoba Model Pembelajaran yang Menyenangkan
link : Mencoba Model Pembelajaran yang Menyenangkan

Baca juga


Mencoba Model Pembelajaran yang Menyenangkan

Senin, 15 Oktober 2012 di kelas VA saya mencoba menerapkan model pembelajaran make A Match.


Model pembelajaran Make A Match adalah model pembelajaran kooperatif yang membagi siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif (cooperative group), selanjutnya setiap anggota kelompok membuat soal/pertanyaan dan jawaban pada kertas yang berbeda.  Agar soal dan jawaban antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain tidak sama (bahasa Jawanya jumbuh, red) maka materi pelajaran antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain harus berbeda. Tidak boleh sama. Menurut Lorna Corran, 1994: model pembelajaran kooperatif Make A Match memiliki langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review,  sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
  2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
  3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
  4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal/jawabannya)
  5. Setiap siswa yang dapat mencocokan kartu sebelum batas waktu diberi point.
  6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.
  7. Kesimpulan/penutup.
Ternyata sangat sulit menerapkan model pembelajaran ini jika persiapannya tidak dilakukan secara matang. Kesulitan yang di alami diantaranya waktu yang kurang karena guru banyak menjelaskan aturan/langkah-langkah model pembelajaran, siswa masih bingung untuk mencocokan kartu soal dan jawaban padahal telah dibagi mana siswa yang membuat soal dan mana siswa yang membuat jawaban, rata-rata siswa menilis soal beserta jawabannya. 



Terlepas dari itu semua pembelajaran berjalan sangat menyenangkan, siswa sangat tertarik dengan hal-hal yang baru dan ingin mencoba. Kesan siswa ingin mencoba model yang sama pada pertemuan selanjutnya. 


Demikianlah Artikel Mencoba Model Pembelajaran yang Menyenangkan

Sekianlah artikel Mencoba Model Pembelajaran yang Menyenangkan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mencoba Model Pembelajaran yang Menyenangkan dengan alamat link https://vitabumins.blogspot.com/2012/10/mencoba-model-pembelajaran-yang.html