MENGAPA GUSI SI KECIL BISA BERDARAH

MENGAPA GUSI SI KECIL BISA BERDARAH - Hallo sahabat DUNIA TUMBUH KEMBANG ANAK, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MENGAPA GUSI SI KECIL BISA BERDARAH, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MENGAPA GUSI SI KECIL BISA BERDARAH
link : MENGAPA GUSI SI KECIL BISA BERDARAH

Baca juga


MENGAPA GUSI SI KECIL BISA BERDARAH

Hasil gambar untuk gusi berdarahDear bunda, gusi mengeluarkan darah atau gingivitis biasanya akibat gusi mengalami peradangan yang membuat pembuluh darah melebar, serta karena adanya penimbunan kotoran pada gusi. Gusi si kecil yang biasanya berwarna merah muda mudah sekali menjadi berwarna merah dan mudah berdarah serta terlihat bengkak. Jika itu terjadi anak seringkali merasa nyeri karena gusi terasa lebih sensitif dan mudah terangsang untuk berdarah sehingga kerap mogok makan.

Tentu Anda tak mau anak mogok makan karena gusinya berdarah. Apa penyebab gusi berdarah dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan di bawah ini.
Penyebab Menurut Drg. Irvina Desiyanti SpKGA, dokter spesialis gigi anak dari Dentist & Dentists, kurangnya kebersihan gigi dan mulut bisa menjadi salah satu sebab utama pada gusi berdarah. Tentunya orang tua memiliki andil besar dalam membiasakan anak menjaga kebersihan mulut. Selain faktor kebersihan yang kurang, penyebab lainnya pun bisa beragam. Faktor hormonal serta proses kesulitan erupsi gigi pada anak-anak yang menyebabkan terjadinya pengumpulan plak juga bisa menjadi faktor penyebab gusi berdarah. Keadaan gusi berdarah bisa lebih buruk lagi jika anak menggunakan alat ortodonsi sehingga plat yang menekan dan alat cekatnya bisa menambah penimbunan plak.
Cegah dan atasi Sikat gigi! Yang tentunya dilakukan dengan baik dan benar. Drg. Irvina menegaskan, untuk memastikan kebersihan gigi dan mulut, sebaiknya orang tua selalu mendampingi anak saat dia sedang menyikat giginya. Malahan, untuk anak-anak balita, orang tua juga harus menyikat ulang giginya kendati si kecil “mengaku” sudah melakukannya dengan benar. Lakukan 2 kali sehari, di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Jadi walaupun gusi si kecil berdarah bukan berarti lantas menyetop sikat gigi. Yang jelas, perhatikan juga dengan jeli apakah gusinya berdarah karena kotor atau sebab lain. Jika karena terdapat kotoran yang sudah lama melekat, bawa segera ke dokter. 


Demikianlah Artikel MENGAPA GUSI SI KECIL BISA BERDARAH

Sekianlah artikel MENGAPA GUSI SI KECIL BISA BERDARAH kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel MENGAPA GUSI SI KECIL BISA BERDARAH dengan alamat link https://vitabumins.blogspot.com/2015/10/mengapa-gusi-si-kecil-bisa-berdarah.html