5 GEJALA FLEK / TBC PADA ANAK *WAJIB TAU*

5 GEJALA FLEK / TBC PADA ANAK *WAJIB TAU* - Hallo sahabat DUNIA TUMBUH KEMBANG ANAK, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 GEJALA FLEK / TBC PADA ANAK *WAJIB TAU*, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 GEJALA FLEK / TBC PADA ANAK *WAJIB TAU*
link : 5 GEJALA FLEK / TBC PADA ANAK *WAJIB TAU*

Baca juga


5 GEJALA FLEK / TBC PADA ANAK *WAJIB TAU*

Hasil gambar untuk flek pada anakDear bunda, penyakit flek pada anak banyak terjadi salah satunya dikarenakan adanya anggota keluarga dewasa penderita TBC, yang tanpa disadari menularkan penyakit tersebut pada Anak. Selain itu juga Masih sering terjadi kesimpangsiuran informasi tentang gejala dan tanda TB pada anak, baik yg didengar dari masyarakat umum, bahkan petugas kesehatan sendiri.

TB sulit diteksi salah satunya karena bakteri Tuberculosis berkembang perlahan dengan gejala awal yang tidak jelas. Paling cepat dapat dideteksi sekitar 4 bulan kemudian. Sehingga seringkali kita tidak mengetahui sebenarnya siapa yg jadi penular penyakit tersebut. Perhatikan pula bahwa yang dapat berpotensi menjadi penular adalah orang dewasa. Rata-rata yg sudah berpotensi menularkan kuman tersebut adalah berkisar 14 tahun keatas.Agar lebih memudahkan dalam mengenalai penyakit ini, Berikut 5 Gejala Flek pada Anak:
1. KURUS & SULIT MAKAN
Masalah ini mungkin paling sering dikeluhkan, dan paling dikaitkan dengan gejala flek/TB. Tidak salah, tapi juga belum tentu benar. Karena Kurus bisa terjadi karena kurangnya asupan nutrisi pada anak. Semisal terlalu bergantung pada susu formula dan tidak mau makan. Namun bila anak (dirasa) sudah cukup mendapat asupan nutrisi, tapi tetap kurus. Ini juga mungkin berkaitan dengan kasus TB.
2. PEMBESARAN KELENJAR DI LEHER
Ciri yang khas pembesaran kelenjar oleh sebab flek atau TB adalah kelenjar teraba lebih dari satu, diameter berkisar 1 cm. Ciri untuk kanker kelenjar getah bening adalah ditemukan juga pembesaran di bagian2 tubuh yang lain, seperti di lipat paha, ketiak, atau pembesaran limpa. Ada pula TB jenis lain, yang sering muncul mirip abses/bisul pada leher atau sekitar leher yang sulit sembuh, sering lebih dari satu, pikirkan juga kemungkinan TB. Namun bila ada luka di sekitar kepala karena benturan, lecet, sariawan, sakit gusi dsb, maka Bunda tidak perlu khawatir karena Benjolan itu adalah kelenjar getah bening yang memang bermanfaat untuk membentuk pasukan pertahanan untuk melawan infeksi yang ada disekitarnya
3. KERINGAT MALAM
Bayi atau anak yang berkeringat banyak pada malam hari. Bunda harus bisa membedakan keringat biasa dengan keringat karena gejala Flek. Caranya adalah perhatikan suhu ruangan bila suhu ruangan normal anak berkeringat itu hal biasa karena anak lebih mudah berkeringat dalam tidur karena dalam masa pertumbuhan. Namun bila suhu udara dingin dan anak Bunda banyak berkeringat, boleh jadi ini adalah gejala awal Flek.
4. SERING BATUK TANPA SEBAB
Batuk yang sering terjadi pada anak dalam jangka waktu yang lama, bisa dipertimbangkan sebagai salah satu gejala Flek. Apalagi diketahui di salah satu keluarga (paman, kakek, bibi) ada yng mengidap TBC. Namun demikian batuk juga bisa disebabkan karena alergi alergijenis protein (telur, udang, dll).
5. SAKIT & DEMAM LAMA BERULANG
Demam pada anak adalah hal yang biasa. Beberapa ahli kesehatan bahkan berpendapat bahwa demam sesungguhnya adalah mekanisme tubuh si anak yang sedang memperkuat dirinya dari serangan penyakit luar. Sehingga setelah demam terlewati biasanya anak terlihat lebih segar, banyak makan dan kuat. Demam biasa ada sebab jelasnya seperti flu, adanya peradangan, Diare dsb. Namun bila demam berlangsung lama dan berulang-ulang tanpa sebab yang jelas, Bunda peerlu mempertimbangkan bahwa ini boleh jadi gejala flek. Ditambah lagi semakin hari anak semakin terlihat kurus dan lesu.
Apabila dari lima gejala tersebut Bunda menemukan banyak diantaranya yang sama. Disarnkan untuk memastikan apakah anak Bunda mengidap flek. Adapun tahapan yang biasa dilalui ada tiga tahap yakni ronsen , cek darah dan tes mantox. Tentu saja bunda harus berkonsultasi dengan dokter anak setempat.


Demikianlah Artikel 5 GEJALA FLEK / TBC PADA ANAK *WAJIB TAU*

Sekianlah artikel 5 GEJALA FLEK / TBC PADA ANAK *WAJIB TAU* kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 GEJALA FLEK / TBC PADA ANAK *WAJIB TAU* dengan alamat link https://vitabumins.blogspot.com/2015/10/5-gejala-flek-tbc-pada-anak-wajib-tau.html