Agar Anak Percaya Diri dan Pantang Menyerah

Agar Anak Percaya Diri dan Pantang Menyerah - Hallo sahabat DUNIA TUMBUH KEMBANG ANAK, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Agar Anak Percaya Diri dan Pantang Menyerah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel anak sholeh, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Agar Anak Percaya Diri dan Pantang Menyerah
link : Agar Anak Percaya Diri dan Pantang Menyerah

Baca juga


Agar Anak Percaya Diri dan Pantang Menyerah

Pernah seorang ibu bertanya pada saya...;
”Ayah bagaimana caranya agar anak saya Percaya Diri dan pantang menyerah”.
Sebenarnya jawabannya mudah saja;
1. Puji setiap usaha kecil yang dilakukan anak meskipun terlihat remeh temeh, semisal pada saat anak berhasil mewarnai gambar, meskipun warnanya tampak tidak beraturan. Atau saat anak berusaha belajar makan sendiri meskipun sendok nya mampir ke pipi dan hidung dan makanan berceceran.

Katakan padanya;
"Hebat adek sudah bisa makan sendiri !"
2. Senyumlah jika dia gagal melakukan sesuatu dan katakan “ayo coba lagi...kamu pasti bisa mama yakin kok..”.contoh lain jika nilai raportnya Cuma naik 1 poin dari 5 ke 6

Katakan;
“Wah hebat anak mamah nilai matematikanya sekarang sudah 6.... lho... jika kamu terus berusaha ternyata kamu bisa ya sayang...”
3. Jika ada yang mencela anak kita, bisikan padanya... "Jangan percaya orang itu sayang...., percaya sama mama, kamu itu anak hebat !!.”
4. Jika ia sedang bercerita atau menjelaskan sesuatu segera tanggapi, dengan antusias “Oh.... begitu ya... kok bisa begitu ya.... wah... hebat sekali...”
5. Lebih banyak bertanya dan mendengarkan dari pada mengajari... Misalnya pada saat belajar menghitung angka urut.......”eh.. tadi angka habis lima berapa ya.... enam atau depan ya..mama kok lupa ya....? (padahal maksudnya agar anak memperbaiki) “ Ayuk kita coba ulangi lagi....”
6. Apakah ibu sendiri juga sudah merasa Percaya Diri dengan diri sendiri di depan umum...?
karena saya juga sering menemukan anak itu menjadi tidak Percaya Diri karena ibunya sendiri juga TIDAK Percaya Diri, itu yang disebut TIDAK Percaya Diri yang menular.
Lalu Sang ibu tadi berkata; “tapi perasaan saya sudah melakukan semua yang di sarankan oleh ayah....dengan sangat Percaya Diri, . tapi anak saya kok ya tetap tidak Percaya Diri.”
Jawab saya: “Coba minta orang lain atau anak kita menilai apakah benar ibu sudah melakukannya secara baik dan konsisten.?
Ingat 'PERASAAN' bukanlah "FAKTA". Itulah mengapa selalu ada ucapan ‘Perasaan tadi dompetnya saya taruh di sini deh, tapi kok sekarang tidak ada ya...”
Sebagai penutup saya katakan pada sang ibu tadi;
” Begini bu....Jika nanti berdasarkan fakta memang ibu sudah melakukannya dengan baik pasti hasilnya tidak akan pernah salah , akan tumbuh ”SEORANG ANAK YANG TAMPIL DENGAN PENUH PERCAYA DIRI.”
Karena sesungguhnya anak kita itu persis seperti cermin pemantul...
ia akan memantulkan apa saja yang dilakukan oleh kita para orang tuanya.
Dan hingga saat ini saya belum pernah menemukan ada cermin yang pada saat saya berkaca wajah saya tapi yang muncul di cermin wajahnya Brad Pitt....
Salam syukur penuh berkah
Ayah Edy Wiyono


Demikianlah Artikel Agar Anak Percaya Diri dan Pantang Menyerah

Sekianlah artikel Agar Anak Percaya Diri dan Pantang Menyerah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Agar Anak Percaya Diri dan Pantang Menyerah dengan alamat link https://vitabumins.blogspot.com/2020/04/agar-anak-percaya-diri-dan-pantang.html