TABUNGAN ANAK, MENGAJARKAN PENDIDIKAN KEUANGAN SEJAK DINI

TABUNGAN ANAK, MENGAJARKAN PENDIDIKAN KEUANGAN SEJAK DINI - Hallo sahabat DUNIA TUMBUH KEMBANG ANAK, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TABUNGAN ANAK, MENGAJARKAN PENDIDIKAN KEUANGAN SEJAK DINI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TABUNGAN ANAK, MENGAJARKAN PENDIDIKAN KEUANGAN SEJAK DINI
link : TABUNGAN ANAK, MENGAJARKAN PENDIDIKAN KEUANGAN SEJAK DINI

Baca juga


TABUNGAN ANAK, MENGAJARKAN PENDIDIKAN KEUANGAN SEJAK DINI

Dear Bunda,
Bing beng bang yuk kita ke bank.
Bang bing bung yuk kita nabung.
Tang ting tung hey jangan di hitung .
Tau tau nanti kita dapat untung .
Mungkin Anda familiar dengan penggalan lirik lagu “Menabung” dari Titik Puspa ini. Lagu yang mengajak anak untuk menabung. Mengapa menabung? Karena menabung ternyata banyak memberikan keuntungan, bukan saja keuntungan finansial. Menabung lewat tabungan anak bisa mengajarkan pendidikan keuangan kepada anak sejak dini .

Usia empat tahun adalah saat yang tepat untuk mulai mengajarkan atau memberikan pemahaman awal tentang keuangan. Tidak ada kata terlalu dini untuk mengajarkan anak mengenai pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Keuntungannya, selain anak akan mendapatkan pelajaran dini mengenai matematika, mereka juga kelak akan mampu membuat keputusan keuangan yang tepat.
Menabung adalah pelajaran paling mudah yang bisa Anda berikan kepada si kecil. Dengan mengajari mereka menabung sejak dini, banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Dengan menabung, bisa mengajarkan anak-anak bersikap mandiri atau tidak bergantung pada orang lain. Mereka akan belajar untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri kelak saat beranjak dewasa.
Berikut ini ada beberapa trik mudah yang bisa diterapkan untuk mengajari si kecil tentang pentingnya menabung.
1. Berikan Mereka Celengan
Celengan adalah salah satu sarana untuk membangkitkan semangat menabung pada anak. Saat ini sudah banyak dijual celengan dengan berbagai bentuk dan gambar yang menarik anak. Minta mereka yang memilih celengannya sendiri. Dengan begitu si kecil akan sangat senang memiliki celengan tersebut dan mulai mengisinya dengan uang yang mereka punya.
Agar anak makin bersemangat, Anda bisa juga memberikan ‘insentif’ dengan menjanjikan mereka sebuah hadiah ketika celengan tersebut sudah terisi penuh. Insentif tersebut masih dalam batasan mendidik tentunya, seperti mengajak mereka ke toko alat musik untuk membeli sebuah instrumen dengan uang tabungan mereka.
2. Bukakan Tabungan Anak di Bank
Selain celengan, Anda juga bisa menggunakan bank sebagai media mereka dalam menyisihkan uangnya. Ketika si kecil mulai disiplin menabung, Anda bisa membuatkan rekening tabungan dengan nama mereka. Beberapa bank terkemuka Indonesia ada yang menawarkan produk tabungan anak . Berbeda dengan tabungan biasa, buku tabungan anak didesain dengan gambar-gambar yang menarik untuk anak-anak Anda.
Ajak anak Anda untuk membuat jadwal menabung. Tunjukkan pada mereka saldo yang dimiliki. Ketika mengetahui jumlah uangnya semakin bertambah banyak, mereka akan merasa senang dan menjadi semakin rajin menabung.
3. Menyisihkan Uang Saku
Menyisihkan uang saku adalah salah satu cara membuat anak-anak disiplin dan penuh kesadaran dalam menabung. Dengan sepengetahuan si kecil, Anda akan memotong sebagian kecil dari uang jajan mereka. Potongan ini akan disisihkan sebagai tabungan. Anak-anak bisa diajak menentukan jumlah dan frekuensi pemotongan ini. Jadikan kegiatan ini tidak memberatkan mereka.
Supaya anak-anak tahu manfaat dari menabung, Anda bisa menggunakan uang tabungan awal mereka untuk dibelikan benda-benda menarik kesukaannya. Jangan lupa untuk memberikan pemahaman bahwa mereka bisa mendapatkan benda-benda yang mereka inginkan dengan kegiatan menabung. Dengan begitu, mereka akan lebih mengerti keuntungan menabung.
4. Jadilah Contoh Bagi Si Kecil
Memberikan contoh langsung pada mereka merupakan cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengajari pentingnya menabung. Sebelum membuat rekening tabungan untuk si kecil, sering-seringlah ajak mereka ketika Anda pergi ke bank untuk menyetorkan uang tabungan. Selain akan memberikan pengalaman tersendiri, kegiatan ini juga bisa menarik minat mereka akan menabung. Sudah menjadi sifat anak-anak untuk meniru apa yang mereka dari orang tuanya.
Jangan ragu pula menunjukkan beberapa contoh yang bisa dilakukan untuk berhemat kepada mereka supaya mereka menirunya juga. Dengan begitu, mereka akan terlatih untuk melakukan penghematan sedari kecil.
5. Bantu Mereka Membuat Target Keuangannya
Agar anak bisa mudah memahami keuntungan menabung, perlu ada cara khusus untuk menyampaikannya. Berikan mereka pemahaman ringan mengenai keuntungan menabung. Anda bisa membuatkan mereka grafik yang menarik disertai gambar benda-benda yang bisa mereka dapatkan seiring bertambahnya jumlah tabungan mereka.
Jangan lupa juga ajarkan mengenai perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Anda tentu ingin si kecil menggunakan uang mereka untuk membeli barang-barang yang bermanfaat, bukan sekadar untuk jajan atau membeli mainan. Dengan cara ini, si kecil akan terinspirasi untuk semakin rajin menabung. Ini juga akan membiasakan mereka untuk menjadi cermat dengan keuangan mereka di kemudian hari.
Nah, menabung lewat tabungan anak ternyata bisa mengajarkan pendidikan keuangan kepada anak sejak dini .
Sumber: Kidnesia
LIKE & SHARE yaa Bunda 


Demikianlah Artikel TABUNGAN ANAK, MENGAJARKAN PENDIDIKAN KEUANGAN SEJAK DINI

Sekianlah artikel TABUNGAN ANAK, MENGAJARKAN PENDIDIKAN KEUANGAN SEJAK DINI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel TABUNGAN ANAK, MENGAJARKAN PENDIDIKAN KEUANGAN SEJAK DINI dengan alamat link https://vitabumins.blogspot.com/2015/10/tabungan-anak-mengajarkan-pendidikan.html